Sunday, March 8, 2015

PROTEIN


Protein adalah senyawa majemuk yang terdiri atas unsur-unsur C, H, O, N dan kadang-kadang mengandung pula unsur P dan S. Protein merupakan bahan pembangun tubuh yang utama. Fungsi protein di dalam tubuh antara lain:
·      Penghasil energi (1 gram = 4,1 kalori)
·      Zat pembangun, pembentuk sel-sel baru dan pembangun sel-sel yang telah rusak.
·      Membuat enzim dan hormon.
·      Menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh.
·      Membentuk antibodi.


Sumber protein bisa berasal dari hewan (protein hewani) yaitu daging, susu, keju, telur, dan ikan. Sedangkan sumber protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (protein nabati) yaitu kacang-kacangan, tahu, tempe.
Penyakit yang disebabkan karena kekurangan protein disebut penyakit KKP (Kekurangan Kalori Protein). Penyakit ini dibedakan menjadi dua, yaitu:
·         Penyakit HO (hongeroedem), yaitu tertimbunnya cairan di dalam jaringan tubuh. Ciri-cirinya adalah organ-organ tubuh (misalnya kaki dan tangan) membengkak dan jika ditekan akan meninggalkan bekat tekanan.

·         Penyakit kwashiorkor, adalah keadaan kurang gizi terutama kekurangan protein yang diderita oleh bayi dan anak-anak. Ciri-ciri orang yang menderita penyakit ini adalah pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya terhambat, terjadinya perubahan warna kulit dan rambut, mengalami gangguan fungsi hati, serta menderita anemia.

No comments:

Post a Comment