Wednesday, March 11, 2015

PENYEBAB KEMATIAN JOHN LENNON


KEMATIAN John Lennon, pada 8 Desember 1980 masih menyisakan tanda tanya dan misteri yang menggantung. John Winston Lennon lahir pada 9 Oktober 1940 di Liverpool, Inggris. Saat usianya lima tahun, orangtuanya bercerai. John Lennon pun memilih bersama ibunya.

Ia menghabiskan masa kecil dan remaja bersama bibi serta pamannya. Sejak itulah, Lennon mulai mengenal alat musik. Saking piawainya memainkan alat musik, Lennon diterima bersekolah di College of Art Liverpool. Sang ibu lalu membelikannya gitar untuk pertama kali. Lennon pun berpetualang menyihir dunia dengan band kampus.
John Lennon adalah seorang musikus rock Inggris yang memperoleh perhatian dunia sebagai salah seorang pendiri The Beatles untuk karier solonya, dan aktivisme politiknya.
Bukan superstar abadi namanya jika tidak meninggalkan kenangan akan karya dan kontrovesinya serta pertanyaan seputar kematiannya.

New york,8desember 1980, John lennon baru saja melangkahkan kaki keluar dari limousine menuju apartemen dakota, sesaat sebelum masuk kegedung tersebut, Mark david Chapman,seorang fans john lennon dan the beatles memanggilnya”Mr.Lennon!”
John berbalik dan lima peluru dimuntahkan dari revolver 38,yang satu meleset namun empat lainnya menembus punggung dan pundak. Pada hari itu juga seluruh dunia mengutuk chapman.

Saat hadir di persidangan, Chapman mengaku bersalah atas pembunuhan Lennon. Ia dijatuhi hukuman seumur hidup dan menjalani hukumannya di penjara Attica, tidak jauh dari kota New York.

Menurut pengakuan Chapman, ia mendengar sebuah suara gaib yang menyuruhnya membunuh Lennon. John meninggalkan dua orang anak, Sean dan Julian - anak dari pernikahan pertama dengan Cynthia.

Stasiun televisi BBC mengungkapkan, sesaat sebelum ditembak, Lennon dan isterinya, Yoko Ono, baru saja pulang dari studio. Menurut polisi, Lennon ditembak empat kali dari belakang oleh Mark Chapman. Kehidupan Lennon pasca bubarnya The Beatles terbilang kontroversial. Ia aktif di bidang politik dan kemanusiaan.

Konspirasi ekstrem lain menyebutkan Lennon sebagai perlawanan balik dari orde senada Iluminati. Sebab, upaya Lennon berada di luar jalur yang ditetapkan. Lennon dianggap mengajak pada pandangan tak bertuhan. Itu merupakan ancaman terbesar. Pandangan itu muncul di lagunya, Imagine.

Tindak-tanduk Lennon tersebut tidak disenangi pemerintah Amerika, terutama karena kritikannya yang keras dan sikapnya yang menolak Perang Vietnam.
Tahun 2000, John Lennon museum dibuka di Saitama super anera di Jepang, dan dua hari kemudian Liverpool mengubah nama bandar udaranya menjadi Bandar Udara John Lennon Liverpool, dan mengambil motto "Above us only sky". Tanggal 9 Oktober 2007, yang merupakan ulang tahun Lennon ke-67, Ono memutuskan untuk membuat tugu peringatan bernama Imagine Peace Tower, terletak di pulau Videy, Islandia. Setiap tahun, antara 9 Oktober dan 8 Desember, tugu ini menyalakan sinar lampu lurus ke langit.
Alasan Chapman membunuh Lennon masih menjadi pertanyaan. Teori konspirasi pun muncul. Kematian Lennon dinilai sangat sarat politis. Sebab, Lennon dibenci sedikitnya tiga arus besar dunia saat itu yaitu komunis, kapitalis, dan fundamentalis

No comments:

Post a Comment