Tuesday, March 17, 2015

MAKANAN KHAS MALAYSIA

Nasi Daun Pisang
nasi daun pisang
Sajian unik dan berbeda dari nasi bungkus daun pisang yang ada di Indonesia. Hidangan tidak disajikan diatas piring, tapi selembar daun pisang ukuran besar. Nasi daun pisang termasuk makanan khas etnik India Selatan Malaysia. Selain nasi yang lezat, ada beragam lauk yang disajikan seperti sayuran, ikan goreng, daging domba, rendang ayam atau kambing dan bumbu kare yang terbuat dari ikan atau ayam.

Sang Har Kwey Teow
Sang Har Kwey Teow
Penggemar mie wajib mencobanya. Mie telur disajikan bersama udang sungai segar yang dimasak ala Kanton. Berbeda dari masakan mie lainnya, kuah kaldu telur begitu terasa di lidah. Ketika mie dimakan bersama udang dan kaldu telur, terciptalah perpaduan rasa yang unik dan menggoda.
Nasi Kandar
nasi kandar
Bila mengonsumsi mie tak bikin perut kenyang, coba makan nasi kandar. Kuliner ini berasal dari Penang, nasi disajikan bersama aneka macam bumbu kare dan lauk-pauk. Biasanya, nasi dimakan bersama ayam goreng, empedal, kare daging kambing, daging sapi, telur ikan, udang goreng atau cumi-cumi goreng. Sementara sayur yang disajikan berupa bumbu terong, okra/bendi atau pare. Keunikan nasi kandar terletak dari bumbu kare yang boleh dipilih.
Nasi Lemak
nasi lemak
Satu lagi kuliner nasi yang wajib dicicipi. Nasi lemak berbeda dari nasi biasanya, itu tergambar jelas dari proses awal pembuatan. Nasi direndam krim kelapa kemudian dikukus hingga matang, sehingga menghasilkan aroma wangi yang menggoda perut lapar. Agar aroma wangi nasi lebih kuat, maka dicampur pula batang sereh, jahe ataupun daun pandan. Nasi lemak disajikan bersama sambal, potongan mentimun, ikan bilis kering, kacang goreng. Supaya lebih nikmat dan berselera, tambahkan tumis sayur kangkung, daging rendang sapi, acar, ayam goreng dan sambal sotong.
Palak Paneer
Palak Paneer
Sajian kuliner khas India Utara Malaysia. Lebih mirip bumbu kare yang ‘creamy’ dicampur bayam segar dan keju kambing, rasanya begitu kaya dan lezat di lidah. Palak Paneer biasanya dimakan dengan roti, tapi agar lebih berkesan eksotis, sajikan bersama roti khas india seperti chapatis, puris, parathas dan bhaturas.

No comments:

Post a Comment