Wednesday, March 11, 2015

BENTUK-BENTUK PETA

1. Peta Digital

Apa yang dimaksud dengan peta digital ? Peta digital adalah peta yang berbentuk film atau disket yang baru busa dilihat setelah ditayangkan pada layar atau monitor (Pengertian dari lks Ktsp 2006). Sekarang Peta digital lebih modern lagi dari pada peta digital lama, peta digital yang kita bisa lihat langsung melalui internet adalah peta milik maps.google.com , selain itu peta digital tidak hanya ada di komputer saja, kini peta digital dapat lebih mudah di akses melalui ponsel anda (ponsel berbasis android, dll)

Bentuk dan jenis Peta beserta penjelasan

2. Peta Datar atau Peta Biasa

apa yang dimaksud dengan peta datar atau peta biasa ? peta datar atau peta biasa adalah peta yang dibuat pada bidang datar, seperti pada kertas dengan lambang lambang atau simbol simbol untuk menggambarkan kenampakan bumi. Peta datar juga di sebut peta dua dimensi sebab mengandung dua unsur, yakni unsur panjang dan unsur lebar. 

3. Peta Timbul atau Peta Relief

Apa yang dimaksud dengan peta timbul atau peta relief ? Peta timbul atau peta relief adalah peta yang dibuat berdasarkan bentuk muka bumi yang sebenarnya. Peta tmbul juga disebut peta tiga dimensi, sebab mengandung 3 unsur, yakni unsur panjang, lebar, dan unsur tinggi.

Bentuk dan jenis Peta beserta penjelasan


Simbol simbol yang digunakan dalam peta relief / timbul juga berbentuk 3 dimensi, seperti kubus, balok, san lain sebagainya. Pada peta timbul keadaan tinggi rendahnya permukaan bumi terlihat dengan jelas sehingga pembaca peta dapat mengetahu permukaan bumi yang ada.

No comments:

Post a Comment