Thursday, March 19, 2015

MAKANAN KHAS MEKSIKO

Tacos dan Nachos
tumblr_mqpln6QPCF1s25iyvo3_400






Belum lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Meksiko tanpa menikmati kudapan yang satu ini. Hampir di seluruh penjuru Meksiko wisatawan dapat dengan mudah menikmatinya. Walaupun kedua kudapan ini berbahan dasar jagung tetapi memiliki ciri khas masing-masing.
Tacos dan nachos berasal dari kota Piedras Negras, Coahuila, Meksiko. Tacos adalah kudapan khas Meksiko yang terdiri atas gulungan atau lipatan tortila yang diisi dengan berbagai macam masakan di dalamnya. Rodolfo De Los Santos membuat kuliner tersebut pada tahun 1943. Salah satu yang paling digemari yaitu menu breakfast tacos. Masyarakat Meksiko biasa menyantapnya untuk sarapan. Tacos ini terdiri dari telur dadar dan kombinasi kentang, sosis atau daging babi asap (bacon).
Temale
new_tamales1





Berwisata kuliner ke Meksiko tentu belum lengkap tanpa mencicipi tamale. Kudapan tradisional ini terbuat dengan bahan dasar tepung jagung yang di dalamnya diisi dengan daging ayam, daging babi, sayuran, keju dan dibungkus dengan kulit jagung atau daun pisang. Tamale juga biasa dijajakan dari rumah ke rumah di Meksiko.
Tamale merupakan kudapan yang sudah ada sejak jaman Maya kuno, sekitar 250 tahun sebelum Masehi. Pada masa itu tamale merupakan bekal yang biasa dibawa oleh masyarakat Meksiko saat pergi berburu, bepergian bahkan berperang. Kudapan ini dipilih karena pembuatannya yang mudah dan tahan lama.
Guacamole
vegan-guacamole-and-chips-797533







Alpukat disukai karena teksturnya yang lembut dan cita rasa khas. Masyarakat Meksiko biasa mengolahnya menjadi saus yang manis dan gurih. Teksturnya yang lembut dapat memberikan sensasi yang berbeda saat Anda menyantapnya. Ada banyak cara mengolah buah tersebut. Pada umumnya alpukat dipakai untuk salad, isian sandwich atau jus namun masyarakat Meksiko biasa membuatnya menjadi saus unik bernama guacamole.
Guacamole merupakan saus khas Meksiko yang terbuat dari alpukat yang dihaluskan dan dicampur dengan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Jika Anda memesan hidangan Meksiko biasanya selalu disandingkan dengan saus tersebut. Di beberapa daerah juga menambahkan tomat, bawang merah dan daun ketumbar yang dicincang halus. Masyarakat Meksiko biasa menghidangkannya sebagai sajian pembuka yang mewah. 
Cokelat
photoEscudo_TAB_Cacao_Ex_cacao




Anda tentu menyukai makanan berbahan dasar cokelat. Banyak olahannya seperti susu, puding, selai dan lainnya. Cokelat juga menjadi simbol cinta dan kasih sayang.  Menurut peneliti, cokelat mengandung zat alkanoid yang dapat memunculkan rasa bahagia.
Suku Maya mengadopsi kata “kakao” dari suku Olmec. Mereka membudidayakannya di halaman rumah. Untuk menikmatinya biji kakao dihaluskan dan dicampur dengan air, cabai, tepung jagung, dan bahan lainnya. Hasilnya berupa pasta yang dibuat minuman coklat pedas berbusa. Mereka menyebutnya “xocalatl” yang berarti hangat atau cairan pahit. 
Tequila
51c3b86357347.preview-620





Minuman ini berasal dari daerah Tequila, Guadalajara sebelah barat Mexico City. Di sana terdapat perkebunan tanaman agave yang sangat luas. Tanaman tersebut yang akan dipanen sebagai bahan baku utama pembuatan minuman unik ini.
Tequila sudah dikenal oleh masyarakat Mesoamerika ratusan tahun yang lalu. Mereka memanfaatkan tanaman agave yang banyak tumbuh di Meksiko. Tanaman tersebut masih berkerabat dengan nanas namun tidak berbuah dan ukurannya yang sangat besar. Nah, bagian yang dimanfaatkan untuk menghasilkan tequila yaitu bonggolnya. Satu bonggol agave bisa mencapai berat 50 sampai 100 kg. Untuk menghasilkan satu liter tequila dibutuhkan 1kg bonggol agave. 
Cocktail Margarita
images1





Margarita merupakan salah satu minuman khas Meksiko. Rasanya asam dan segar dengan aroma lemon yang sangat kuat. Di beberapa daerah biasanya cocktailmargarita  berwarna biru karena dicampur dengan blue curacao. Jika Anda ingin rasa yang segar bisa menambahkan jus buah atau orange liqueur, tequila dan diberi es batu.
Margarita dapat disajikan dalam berbagai macam gelas, terutama gelas Margarita yang terbuat dari stereotip, variasi klasik dari Champagne Coupe, ini terutama digunakan untu Margarita yang dicampur dengan buah, dan gelas jenis ini juga digunakan untuk hidangan-hidangan seperti guacamole atau shrimp cocktail. Dalam pengaturan formal, margarita sering disajikan dalam gelas cocktailstandar dengan tambahan es. Sedangkan pada situasi informal margarita bisa disajikan dengan gelas kuno. 

No comments:

Post a Comment