- Faktor lingkungan
Analisis terhadap faktor lingkungan seperti pertumbuhan populasi sangat penting untuk mengetahui pengaruh yang disebabkannya pada bisnis perusahaan. Selain itu faktor-faktor seperti perkembangan teknologi, tingkat inflasi dan gaya hidup tidak boleh diabaikan. Hal-hal tersebut merupakan faktor lingkungan yang harus dipertimbangkan sesuai dengan produk dan pasar perusahaan.
- Faktor pasar
Setiap perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor dalam Strategi Marketing seperti ukuran pasar, tingkat pertumbuhan, tahap perkembangan, trend dalam sistem distribusi, pola perilaku pembeli, segmen pasar yang ada saat ini atau dapat dikembangkan dan peluang-peluang yang belum terpenuhi.
- Persaingan
Setiap perusahaan perlu memahami pesaingnya, bagaimana posisi produk atau pasar pesaing, struktur biaya pesaing dan kapasitas produksi pesaing.
- Analisis kemampuan internal
Setiap perusahaan perlu menilai kekuatan dan kelemahannya. Penilaian tersebut dapat didasarkan pada faktor-faktor seperti teknologi, sumber daya, finansial, kemampuan manufaktur, kekuatan pemasaran dan sebagainya.
- Perilaku konsumen
Analisis perilaku konsumen dapat dilakukan dengan penelitian (riset) baik melalui observasi maupun metode survei. Perilaku konsumen perlu dianalisis karena hal ini sangat bermanfaat pada perkembangan produk, desain, penetapan harga, pemilihan saluran distribusi dan penentuan strategi promosi.
- Analisis ekonomi
Perusahaan dapat memperkirakan pengaruh setiap peluang pemasaran terhadap kemungkinan mendapatkan laba. Analisis ekonomi terdiri atas analisis terhadap komitmen yang diperlukan, analisis BEP, penilaian laba atau risiko dan analisis faktor ekonomi pesaing.
No comments:
Post a Comment