Monday, March 16, 2015

KELAINAN DAN GANGGUAN PADA ALAT PERNAPASAN

Kelainan dan Gangguan pada Alat Pernapasan
1. Salesma /Pilek
Disebabkan oleh virus yang mengakibatkan produksi lendir pada saluran nafas meningkat. Perawatan istirahat ditempat tidur, mandi air hangat, berobat ke dokter


2. Influensa/ Flu
Disebabkan oleh virus. Perawatan, tinggal di tempat tidur, untuk meringankan sakit kepala dikompress, menghirup uap yang diberi obat.


3. Bronchitis
Radang pada cabang tenggorok. Penyakit ini terjadi karena infeksi pada bagian atas dan tenggorok. Perawatan, menghirup uap yang diberi obat, kompres di dada.


4. Radang paru-paru
Disebabkan oleh kuman (Staphilococcus sp). Perawatan tinggal di tempat tidur, banyak minum cairan dari sari buah, jika perlu diberi oksigen tambahan.


5. Asma
Gangguan pernafasan (penyempitan saluran nafas) karena sifat cairan tubuh tidak tahan terhadap keadaan tertentu (alergi). Dapat disebabkan oleh debu, bulu hewan, hawa dingin. Perawatan jenis obat yang dipakai adrenalin berbentuk minyak, Aminovilin, dan Isoprel.


6. TBC
Disebabkan bakteri (Mycobacterium tuberculosis), terbentuk bintil-bintil dalam alveolus sehingga mengurangi area alveolus untuk pertukaran gas.
Perawatan, berobat ke dokter secara rutin


7. Pneumonia
Peradangan dinding alveolus yang diakibatkan oleh bakteri Diplococcus pneumoniae. Akibat terjadi penurunan area alveolus untuk pertukaran O dan CO.



8. Pleuritis
Peradangan pada selaput pembungkus paru-paru. Akibatnya terdapat cairan yang berlebih pada selaput paru-paru, sehingga penderitanya merasa nyeri dada ketika bernafas.

No comments:

Post a Comment