Wednesday, March 11, 2015

MENGENAL PENYEBAB TERJADINYA GUNUNG MELETUS DAN PERSIAPAN MENGHADAPINYA

Penyebab Gunung Meletus
Gunung meletus terjadi akibat endapan atau cairan magma di dalam perut bumi terdorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Hal ini menimbulkan letusan yang dahsyat disertai banyak materi vulkanik yang berbahaya. Cairan magma yang keluar dari gunung api ini disebut lava.
Radius letusan gunung berapi bisa mencapai 18 km atau lebih dengan membawa batu dan abu. Sedangkan lavanya bisa mengalir hingga sejauh 90 km. Jika terjadi hujan deras, aliran lava atau lahar ini bisa lebih cepat ke daerah yang lebih rendah.


Persiapan Menghadapi Gunung Meletus
Berikut ini langkah yang dapat dilakukan sebelum terjadinya gunung meletus:
  • ·         Periksa perlengkapan darurat Anda. Jika ada yang kurang segera ditambahkan dan jika ada yang sudah kedaluwarsa segera diganti.
  • ·         Siapkan masker dan kacamata untuk setiap anggota keluarga.
  • ·         Pelajari sistem peringatan dini di lokasi gunung berapi. Pelajari jalur evakuasi yang diterbitkan pemerintah setempat.
  • ·         Persiapkan diri menghadapi berbagai kemungkinan menjelang gunung meletus seperti gempa, lumpur dan banjir bandang, hujan abu, hujan asam, hingga tsunami jika gunung terletak di tengah laut.
  • ·         Buat rencana evakuasi dan sediakan rencana rute cadangan, jika jalur evakuasi yang dipilih tertutup material vulkanik.
  • ·         Buat rencana untuk berkomunikasi secara darurat, misalnya letusan terjadi saat jam kerja sehingga setiap anggota keluarga terpisah satu dengan yang lain. Minta seorang teman di luar kota untuk menjadi "penghubung keluarga", karena setelah bencana lebih mudah melakukan telepon ke luar kota. Setiap anggota keluarga dapat menghubungi teman tersebut untuk memberi kabar dan lokasi terkini. Ia akan memberi tahu anggota keluarga lainnya yang terpisah
 

No comments:

Post a Comment