Wednesday, March 11, 2015

GEJALA-GEJALA TERSERANG PENYAKIT LEUKIMIA

Gejala Dari Penyakit Leukemia


  1. Mudah terserang infeksi. Hal ini disebabkan karena sel darah putih yang terbentuk tidak normal sehingga tidak berfungsi dengan semestinya. Dimana sel darah putih tersebut berfungsi sebagai pelindung daya tahan pada tubuh dan melawan adanya infeksi. Oleh karena itu, tubuh pada penderita sering terkena infeksi virus seperti radang paru-paru, diare, radang amandel. Selain itu, akan muncul keluhan adanya demam, batuk dan keluar cairan putih dari hidung.
  2. Mengalami pendarahan. Karena telah didominasi oleh sel darah putih maka sel pembeku darah tidak dapat berproduksi sewajarnya, sehingga penderita akan mengalami pendarahan pada jaringan kulitnya. Apabila ada salah satu anggota keluarga atau kerabat sering mengalami luka, maka kemungkinan orang tersebut terserang penyakit leukemia.
  3. Mengalami kekurangan darah (anemia). Penderita akan merasa cepat lelah, pucat pada wajah dan bernafas cepat akibatnya penderita bernafas cepat sebagai kompensasi dalam pemenuhan kekurangan oksigen dalam tubuh. Selain itu, sesak nafas (mengalami kesulitan dalam bernafas) dan nyeri pada dada, apabila hal ini terjadi pada penderita maka sebaiknya harus segera mendapatkan pertolongan dokter.
  4. Nyeri pada persendiaan dan tulang. Hal ini disebabkan karena sumsum tulang mengalami kepadatan oleh sel darah putih. Dan nyeri pada perut yang akan berdampak pada penderita tersebut yakni hilangnya nafsu makan.
  5. Terjadi pembengkakan pada kelenjar limpa baik di leher, dada, di bawah lengan dan sebagainya. Kelenjar ini berperan sebagai penyaring maka sel leukemia dapat berkumpul sehingga mengakibatkan adanya pembengkakan.
  6. Adanya faktor keturunan. Orang tua yang sedang mengalami penyakit leukemia dapat menurun kepada anaknya. Penelitian menyatakan bahwa munculnya penyakit leukemia dapat menjadi penyebab akan adanya pengobatan menggunakan kemoterapi yang digunakan untuk membunuh jenis kanker lainnya tetapi tanpa disadari atau tidak, hal ni malah menimbulkan adanya leukemia tersebut. Salah satu faktor yang menjadi penyebab leukemia adalah radiasi, sejumlah fakta mendukung hal tersebut.

No comments:

Post a Comment