Sunday, March 8, 2015

KELAINAN DAN PENYAKIT PADA KULIT

KELAINAN DAN PENYAKIT PADA KULIT


A.      Jerawat
Merupakan gangguan umum yang bersifat kronis pada kelenjar minyak. Gangguan ini umumnya dialami pada masa remaja atau pubertas.
B.      Eksim
Merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi atau hipersensitif. Kulit penderita penyakit ini menjadi kering kemerah-merahan, gatal-gatal, dan bersisik.
C.      Kaki atlet
Penyakit ini disebabkan adanya infeksi jamur pada kaki. Jamur ini akan tumbuh jika kaki dalam keadaan lembab dan berkeringat. Untuk mencegh penyakit ini sebiknya kita menjaga agar kaki kita tidak lembab dan segera melepaskan sepatu atau kaus kaki setelah melakukan aktivitas.
D.      Ringworm
Merupakan penyakit pada kulit karena infeksi jamur, sehingga pada kulit terbentuk berkas melingkar. Penyakit ini dapat dikurangi dengan menggunakan obat anti jamur.
E.       Biduran
Biduran disebabkan karena udara dingin, alergi terhadap bahan kimia, makanan, dan obat-obatan. Akibat yang ditimbulkan adalah kulit menjadi gatal-gatal, timbul bengkak-bengkak dengan bentuk yang tidak teratur.
F.       Psioriasis
Gejala yang timbul yaitu kulit berwarna kemerahan dan bersisik pada kulit kepala, sikut, lutut, dan punggung. Gejala psioriasis dapat ditekan bahkan hampir tidak tampak jika dilakukan pengobatan secara teratur meskipun penyakit ini belum bisa disembuhkan secara total.
G.     Kanker kulit
Merupakan jenis kanker yang sering dijumpai. Kanker kulit dapat dipicu karena kulit terpapar pada sinar matahari secara berlebihan. Penyakit ini lebih sering menyerang orang yang memiliki kulit berwarna terang.



No comments:

Post a Comment