Sunday, March 8, 2015

SIFAT FISIKA ZAT


Sifat fisika suatu zat adalah ciri khas yang dimiliki suatu zat, tetapi tidak berhubungan dengan pembentukan zat baru. sifat ini diperoleh dari hasil pengamatan dan pengukuran. Sifat fisika suatu zat adalah sebagai berikut:
a.    Kelarutan
Kemampuan suatu zat untuk melarut dalam suatu pelarut. Contoh: garam dapat larut dalam air.
b.    Kemagnetan
Kemampuan suatu logam untuk dipengaruhi oleh medan magnet. Jenis logam yang dapat ditarik medan magnet dengan baik disebut feromagnetik, contoh besi. Jenis logam yang kurang dapat ditarik oleh medan magnet disebut paramagnetik, contoh aluminium. Jenis logam yang menolak yang menolak medan magnet disebut diamagnetik, contoh emas.
c.     Daya hantar
Kemampuan suatu zat mengantarkan arus listik atau panas disebut daya hantar listrik atau daya hantar panas. Zat yang dapat menghantarkan arus listrik atau panas dengan baik disebut konduktor. Sedangkan zat yang tidak dapat menghantarkan arus listrik atau panas dengan baik disebut isolator.

d.    Kekerasan
Ukuran untuk menentukan keras lunaknya suatu zat diukur dengan skala Mohs disebut kekerasan. Kemampuan zat untuk bertahan terhadap goresan juga dapat disebut kekerasan. Intan memliki kekerasan lebih tinggi dari pada emas.
e.    Titik didih & titik leleh
Suhu terendah saat suatu zat mulai mendidih disebut titik didih, contoh titik didih air yaitu 100oC. Suhu terendah saat suatu zat mulai meleleh disebut titik lelh, contoh titik leleh emas yaitu 1.064,18oC.
f.     Bau
Adalah gas yang dikeluargan oleh suatu zat, contoh hidrogen sulfida berbau telur busuk.
g.    Warna
Warna berhubungan dengan besar panjang gelombang yang dipantulkan olah permukaan zat ke mata. Contoh arang berwarna hitam.
h.    Rasa

Tanggapan indra terhadap rangsangan saraf, contoh rasa manis yang dimiliki oleh gula.

No comments:

Post a Comment