Sunday, February 15, 2015

TARIAN MANCANEGARA (KOREA)

KOREA

Buchaechum atau Tari Buchae (tari kipas) adalah tari kelompok yang merupakan salah satu tarian tradisional Korea yang paling terkenal di mancanegara. Tarian ini dipertunjukkan oleh sekelompok penari wanita yang memegang kipas berwarna-warni. Inti tarian ini adalah variasi gerakan membuka, menutup, dan membentuk formasi kipas.

Tari ini terkenal karena mempresentasikan keindahan dan keanggunan wanita korea. Para penarinya membentuk formasi dari kejadian-kejadian di alan seperti deburan ombak, rumpun bungan, dan kupu-kupu yang berterbangan diterpa angin.
Awalnya tari ini merupakan bagian dari ritual kuno individual. Ketika ritual ini sudah tidak ada lagi, lahir tarian rakyat yang penuh kegembiraan, keanggunan, dan kejutan. Penonton akan merasa seakan merekan berada di taman bunga karena penarinya memakai pakaian beraneka warna dengan gerakan-gerakan yang beritme dan formasi kipas yang indah.

Kostum tari kipas biasanya jeogori (jaket panjang dengan kemeja yang diikat), mahkota bungan tradisional, dan kipas yang biasanya berbulu di pinggirnya dan digambari bungan peoni. Kipas tersebut selalu dibuka dan ditutup sebagai bagian dari tari.


No comments:

Post a Comment