Monday, February 2, 2015

SISTEM SARAF PUSAT


1.      OTAK
Otak dilindungi dengan selaput otak yang disebut “meninges”, yang tersusun dari:
Ø  Durameter (lapisan luar) terdiri dari 2 lapisan, yang terluar bersatu dengan tengkorak sebagai endostium, dan lapisan lain sebagai durameter yang mudah dilepaskan dari tulang kepala.
Ø  Arachnoid (lapisan tengah) didalamnya terdapat cairan yang disebut “serebrospinal” yang berfungsi untuk melindungi otak dari goncangan.
Ø  Piameter (lapisan dalam) yang mempunyai bentuk disesuaikan dengan lipatan-lipatan permukaan otak.

Pembagian-pembagian Otak:
Ø Otak besar (Cerebum) berfungsi dalam pengaturan semua aktivitas mental, seperti kepandaian, memori, kesadaran dan pertimbangan.
Bagian-bagian otak besar yaitu:
a.    Bagian depan(frontalis): pusat gerakan otot
b.    Bagian tengah(ocipitalis): pusat perkembangan ingatan dan kecerdasan
c.    Bagian samping(temporalis): pusat pendengaran.
d.    Bagian belakang(parietalis): pusat penglihatan.
Ø Otak tengah (Mesenchepalon) pada bagian ini berfungsi dalam mengatur refleksi mata seperti penyempitan pupil mata, kontraksi otot. Otak tengah berhubungan dengan sistem penglihatan dan pendengaran.
Ø Otak tengah (Cerebellum) mempunyai fungsi sebagai koordinasi gerakan otok yang terjadi secara sadar, keseimbangan, dan posisi tubuh.
Dibagian depan otak tengah terdapat:
a.      Talamus: bagian yang menjalankan pemisahan pertama impuls yang tiba dan mengarahkan impuls ke bagian cerebum yang berbeda, serta mengarahkan sebagian dari impuls ke sumsum tulang belakang.
b.      Hipotalamus: bagian yang mengatur suhu tubuh, selera makan, dan keseimbangan cairan tubuh.
Ø Sumsum lanjutan (Medula Oblongata)berfungsi sebagai penghantar implus dari medula spinalis menuju ke otak serta mempengaruhi refleks fisiologis seperti detak jantung, tekanan darah, volume dan kecepatan respirasi, dll. Selain itu juga mengatur gerak refleks seperti bersin, berkedip, dll.



2.      Sumsum Tulang Belakang
Merupakan tabung saraf / neuron yang memanjang yang dilindungi oleh ruas-ruas tulang belakang. Sumsum tulang belakang memanjang dari pangkal leher hingga ke selangkangan. Sumsum tulang belakang terdiri atas 31 pasang saraf spinalis yang terdiri dari:
Ø 7 pasang segmen servikal
Ø 12 pasang dari segmen thorakal
Ø 5 pasang dari segmen lumbalis
Ø 5 pasang dari segmen sacralis
Ø 1 pasang dari segmen koxigeus.
Sumsum tulang belakang berfungsi:
Ø Menghubungkan sistem saraf tepi ke otak
Ø Pengaturan gerak refleks motorik tubuh
Ø Mengurusi persarafan tubuh, anggota badan dan kepala

Perbedaan otak dan sumsum tulang belakang yaitu:
1.      Pada otak, badan sel dan dendrit yang membentuk bagian materi kelabu / bagian otak yang berwarna kelabu (substansi grissea) berada di luar, sedangkan pada sumsum tulang belakang bagian materi kelabunya terletak di dalam.
2.      Pada otak, akson / serabut saraf yang membentuk bagian materi putih atau bagian otak yang berwarna putih (substansi alba) berada di dalam, sedangkan pada sumsum tulang belakang bagian materi putihnya berada di luar.


No comments:

Post a Comment