Thursday, February 19, 2015

KALIAN PERLU TAHU: (GULA)



Rasa manis, seperti halnya rasa asin, merupakan rasa yang sangat dikenal. Rasa manis terutama disebabkan oleh gula, yaitu sejenis karbohidrat yang dapat larut (dalam air), yang berukuran kecil, terdapat dalam buah-buahan, tanaman, dan produk alam lainnya. Gula yang umum dijumpai adalah fruktosa (gula buah), maltosa (gula malt), laktosa (gula susu), glukosa (dekstrosa), dan sakarosa (sukrosa, gula meja yang biasa kita kenal.) Gula, Khususnya sakarosa banyak digunakan dalam berbagai makanan olahan. Gula ini bisa didapatkan dari tebu ataupun dari bit.
Gula tidak hanya digunakan dalam makanan karena rasany yang manis, tetapi karena juga hasil reaksi yang terjadi selama pemanasan, berupa karamel dan produk Maillard. Karamel diperoleh dari pemanasan gula secara langsung tanpa adanya bahan tambahan ataupun air. Karamel yang dihasilkan berwarna coklat hingga hitam dan memiliki rasa yang lezat. Sementara itu, produk Maillard dihasilkan dari pemanasan gula dan protein. Ini merupakan hasil reaksi yang sangat kompleks yang menghasilkan berbagai cita rasa yang khas seperti flavor roti, cookies, popcorn, dll.
Gula dapat mengikat air secara efisien. Oleh karenanya, penambahan gula ke dalam sebuah produk akan memberikan efek pengawetan. Hal ini karena air tidak lagi tersedia untuk pertumbuhan organisme pembusuk. Pengawetan buah-buahan ataupun produk-produk lainnya dengan gula (seperti selai) atau madu telah dipraktikn sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Gula merupakan bagian dasar yang penting pada berbagai makanan olahan. Permen tanpa gula akan kehilangan volumenya hingga 60%, sedangkan berbagai jenis cake akan kehilangan 15-30% volumenya tanpa adanya gula.

No comments:

Post a Comment