Monday, February 16, 2015

CONTOH PEWARNA ALAMI


1. Antosianin
           Antosianin adalah zat yang dapat menghasilkan warna abu-abu atau ungu pada suasana basa dan akan berubah menjadi merah pada suasana asam. Antosianin terdapat dalam bit.

2. Anato
           Anato diperoleh dari biji tanaman belukar tropik Bixa orallena. Anato dapat menghasilkan warna oranye pada makanan. Biasanya anato digunakan sebagai pewarna pada keju, margarin, es krim, dan minyak makan.


3. Kapxantin
           Kapxantin merupakan penghasil warna merah yang ada pada cabai merah. Cabai merah banyak digunakan pada masakan dengan bahan dasar seperti daging, telur, tahu, tempe, dan ikan.

4. Klorofil
           Klorofil adalah zat yang menghasilkan warna hijau. Klorofil banyak terdapat dalam dedaunan, seperti daun duji dan pandan. Kedua daun tersebut sering digunakan pada berbagai jenis kue jajanan pasar, seperti moci, dadar gulung, klepon, dll. Daun pandan selain dapat menghasilkan warna hijau juga dapat menghasilkan aroma yang khas.

5. Kurkumin
           Kurkumin adalah zat pewarna kuning yang ada pada kunyit. Kunyit biasanya digunakan pada pembuatan nasi kuning. Selain menghasilkan warna kuning, kunyit pun dapat menghilangkan bau amis dan menambah aroma yang khas pada makanan.

6. Karamel
           Karamel dapat memberikan warna coklat hasil dari pemanasan gula pasir (sukrosa). Karamel digunakan untuk jem, jeli, dan jamur kalengan.

7. Beta Karoten

           Beta Karoten adalah penghasil warna oranye. Zat ini dapt diperoleh dari wortel. Beta karoten digunakan untuk keju dan kapri kalengan.

No comments:

Post a Comment