Thursday, September 25, 2014

CARA MENCANGKOK BESERTA KEKURANGAN & KELEBIHANNYA


MENCANGKOK

   Mencangkok adalah pembiakan tumbuhan secara vegetatif buatan, pembiakan tanaman dengan mencangkok telah lama dikenal oleh para petani indonesia, hali ini terjadi karena tingkat keberhasilan mencangkok untuk memperbanyak tumbuhan lebih tinggi dari pada pembiakan dengan cara lainnya. Beberapa macam tanaman yang dapat dicangkok antara lain: jeruk, mangga, jambu, rambutan, mangga, apel, macam-macam tanaman hias, dan tumbuhan lain yang termasuk tanaman dikotil berkayu. 
     Apabila kalian mencangkok, pilihlah cabang yang berdiameter antara 1-2 cm. Sayatlah kulitnya selebar kira-kira sampai 8 cm. Selanjutnya, kulit cabang dekelupas sehingga bagian kambium yang terlihat seperti lendir terlihat jelas. Kikislah kambium dengan mata pisau sampai bersih. Apabila tidak dibersihkan, kambium akan membentuk kulit lagi sehingga keadaan batang akan pulih kembali seperti sebelum dicangkok. Tutuplah bagian tersebut dengan media cangkok, media cangkok dapat dibuat dari campuran kompos dan tanah dengan perbandingan 1 : 1. Dapat juga digunakan media cangkok dari akar tanaman akada (Asplenium nidus) atau yang disebut moss. Kemudian media cangkok itu dibungkus dengan ijuk, plastik atau sabut kelapa, dan ikat dikedua ujungnya.




     Untuk menjaga agar media cangkok tetap basah, siramlah dengan air secara rutin. Cangkokan dikatakan berhasil apabila tumbuh akar pada bagian atas luka dan daun pada cabang tetap terlihat segar. Biasanya cangkokan tanaman buah-buahan akan tumbuh akar setelah kurang lebih dua bulan. Selanjutnya, cangkokan dapat dipisahkan dari induk dengan memotog batang bagian bawah ikatan pembungkus cangkokan. Pembungkus media cangkok yang berupa ijuk, plastik atau sabut kelapa dapat dilepaskan dan jumlah daun cangkokan dikurangi agar tidak terlalu banyak terjadi penguapan. Setelah itu pindahkan cangkokan tersebut untuk disemaikan, misalnya polibek. Untuk media dalam polibek digunakan campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1 : 2. Setelah lebih kurang 3 bulan, cangkokan sudah segar kembali dan siap dipindahkan di kebun.


    Keuntungan dari mencangkok adalah pada tanaman buah, kualitas buahnya kan sama dengan induknya. Demikian juga dengan tanaman bunga, kualitas bunganya akan sama dengan kualitas induknya. Dengan mencangkok kalian dapat membiakkan tumbuhan tanpa menunggu tanaman menghasilkan biji. Keuntungan lain dari tanaman baru hasil cangkok yaitu dapat berbuah atau berbunga dalam waktu yang relatif lebih singkat daripada menanam melaui bijinya.
       Kekurangan dari tanaman hasil cangkokan yaitu kurang kokoh apabila dibandingkan dengan tanaman yang berasal dari biji karena tidak memiliki akar tunggang. Selain itu, apabila cabang tanaman induk banyak yang dicangkok, tanaman induk akan rusak karena banyak cabang yang dipotong. Dalam batang tanaman induk kalian hanya dapat memperoleh beberapa cangkokan, tergantung pada besarnya tanaman induk tersebut.

No comments:

Post a Comment