Wednesday, November 19, 2014

PEMBUATAN NATA DE COCO (SARI KELAPA)

1.       sepuluh liter air kelapa disaring menggunakan kain saring, kemudian ditampung dalam panci yang bersih.
2.       Masukkan kedalamnya lima sendok makan gula pasir, satu sendok makan yeast (ragi roti), satu sendok makan amonium sulfat (ZA), seperempat sendok teh garam inggris, 10 sendok makan asam cuka glasial atau 40 sendok makan asam cuka yang biasa dikonsumsi. Aduk campuran ini sampai semu bahan larut.
3.       Didihkan campuran air kelapa tersebut selama kurang lebih 15 menit.
4.       Tuangkan air kelapa yang masih panas ke dalam beberapa baki plastik yang bersih. Setiap baki dapat diisi 1,5 liter air kelapa. Kemudia, baki-baki tersebut dengan kertas koran
5.       Dinginkan baki tersebut selama kurang lebih 5 jam dalam ruang penyimpanan yang bersih, kering, dan tidak terlalu sering dimasuki orang.
6.       Tambahkan bibit nata ke dalam baki tersebut dengan hati-hati. Tiap botol bibit nata dapat digunakan untuk lima baki.
7.       Susunlan masing-masing baki pada rak di dalam ruangan khusus selama kurang lebih 8 hari. Usahakan tutupnya tidak terbuka dan tidak bergoyang karena dapat merusak lapisan nata yang terbentuk. Setelah di tiap-tiap baki terbentuk lapisan nata, ambillah lapisan tersebut secara hati-hati dengan cara ditarik.

8.       Cucilah lapisan nata dengan air bersih dan potong-potonglah dengan pisau berbentuk kubus kecil-kecil.
9.       Rendamlah potongan nata tersebut dengan air bersih selama 3 hari. Cucilah hasil rendaman potongan nata dengan cara diremas-remas.
10.   Rebuslah potongan-potongan nata selama kurang lebih 30 menit di dalam panci stainless agar rasa asam nata hilang. Selanjutnya, tiriskan di atas ayakan agar airnya keluar.
11.   Rebuslah kembali ke dalam air gula selama 30 menit, dengan aturan setiap 1 kg potongan nata di dalam 1 liter air ditambah setengah kilogram gula pasir. Tambahkan setengah liter air dan seperempat kilogram gula pasir pada potongan-potongan nata tersebut dan rebus lagi selama lima belas menit.

12.   Masukkan potongan nata yang masih panas dan air rebusannya ke dalam kantong plastik dengan ukuran seperempat kilogram potongan nata ditambah seperempat air rebusan. Ikatlah bungkusan plastik tersebut dengan rapat agar aman.

No comments:

Post a Comment