Sunday, November 23, 2014

HUBUNGAN FOTOSINTESIS DENGAN METABOLISME MAKHLUK HIDUP

Ketika matahari bersinar, klorofil menangkap energinya untuk menguraikan air menjadi oksigen dan hidrogen. Hidrogen yang dihasilkan bereaksi dengan karbondioksida membentuk zat makanan dalam bentuk glukosa (C6H12O6), oksigen dilepaskan melalui stomata. Hal inilah yang menyebabkan kalian merasa sejuk pada saat berada dibawah pohon rindang pada siang hari karena berada di sekitar pohon banyak terdapat oksigen.

Hasil utama dalam proses fotosintesistumbuhan adalah terbentuknya zat makanan, yaitu glukosa (C6H12O6). Sel-sel tubuh tumbuhan yang telah mendapatkan zat makanan akan membakar / mengoksidasinya dengan oksigen agar terbentuk energi. Proses tersebut disebut dengan respirasi. Respirasi juga terjadi pada hewan dengan proses yang sama dan menggunakan oksigen.

Energi yang terbentuk dari hasil respirasi digunakan untuk melakukan aktivitas hidup, misalnya tumbuh dan bergerak. Energi diartikan sebgai kemampuan untuk melakukan sesuatu. Berbgaai macam energi antara lain energi mekanik, cahaya, listrik, kimia, dan panas. Bentuk energi yang berkaitan dengan kehidupan organisme ialah energi mekanik, cahaya, kimia, dan panas (kalor). Energi mekanik memiliki 2 bentuk yaitu energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial merupakan energi cadangan yang dapat diubah dalam bentuk energi kinetik untuk melakukan kerja. Energi kinetik ialah energi yang dimiliki oleh suatu benda atau organisme ketika melakukan gerakan. Energi kimia ialah energi yang tersimpan di dalam suatu zat, misalnya zat makanan.

Semua organisme dapat melakukan kerja apabila memiliki enrgi. Sumber energi untuk  organisme ialah energi kimia yang berasal dari makanannya. Makanan dapat menghasilkan energi setelah mengalami oksidasi (pembakaran). Proses oksidasi zat makanan menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk melakukan aktiviyas hidup dan menghangatkan tubuh. Hal itu menunjukkan bahwa pada proses oksidasi terjadi perubahan bentuk energi kimia menjadi energi mekanik dan kalor.


Sumber energi bagi semua bentuk kehidupan di bumi ialah matahari. Matahari memancarkan cahay dalam bentuk gelombang elektromagnetik yang sebagian diantaranya dipancarkan sampai ke bumi. Semua energi yang terdapat pada makhluk hidup secara tidak langsung berasal dari matahari. Organisme yang dapat memanfaatkan energi matahari secara langsung ialah tumbuhan hijau, yaitu untuk melakukan proses fotosintesis.

No comments:

Post a Comment