Sunday, October 26, 2014

SOAL ULANGAN KELAS 1 SD SEMESTER 1 (PKN)

Berilah tanda silang pada jawaban yang benar
1.         Di sekolah aku harus patuh kepada……………..
          a. teman                       b. guru                     c. kakak
2.         Aku tidak rukun di sekolah jika…………………dengan teman
          a. bercanda                  b. bertengkar            c. berbicara
3.         Semua siswa saling menolong. Semua siswa hidup…………………di sekolah
          a. rukun                        b. resah                    c. ketakutan
4.         Teman teman bertengkar. Aku sebaiknya…………….
          a. ikut ikutan                 b. mendamaikan        c. menjahui
5.         Temanku menangis karena diejek. Aku sebaiknya……………….
          a. menjahui                   b. ikut sedih               c. menghibur
6.         Guru sedang mengajar. Aku harus…………………
          a. memperhatikan         b. tidur                       c. bercanda
7.         Ada kerja bakti di sekolah. Aku harus……………….
          a. kabur                       b. istirahat                    c. ikut serta
8.         Aku harus rukun dengan………………….
          a. teman saja               b. guru saja                  c. semua orang
9.         Sikapku jika temanku nakal adalah………………….
          a. memusuhi                b. menasihati                c. memarahi
10.       Sikapku jika temanku terjatuh adalah……………..
          a. tertawa                   b. tersenyum                 c. menolong
11.       Ani anak perempuan. Edi anak laki-laki. Ani dan Edi berbeda………………
          a. agama                     b. jenis kelamin                 c. suku
12.       Anak laki laki bermain bersama………………
          a. Anak perempuan saja
          b. Anak laki laki saja
          c. Anak perempuan dan laki laki
13.       Anak perempuan dan laki laki harus saling………………….
          a. menjahui                   b. menolong                     c. memukul
14.       Aminah merayakan Idul Fitri. Aminah beragama…………………
          a. Buddha                    b. Kristen                         c. Islam
15.       Asri beribadah di Pura. Asri beragama………………
          a. Hindu                       b. Buddha                        c. Katolik
16.       Karmi merayakan Waisak. Karmi beribadah di……………….
          a. Musala                     b. Wihara                          c. Gereja
17.       Thomas merayakan Natal. Thomas beragama……………….
          a. Kristen                     b. Hindu                            c. Buddha
18.       Aminah dan Thomas berbeda agama. Aminah dan Thomas selalu……………..
          a. bermusuhan              b. bertengkar                     c. rukun
19.       Darus orang Batak. Andi orang Bugis. Darus dan Andi berbeda………………
          a. jenis kelamin             b. agama                           c. suku
20.       Asep dan Noni berbeda suku. Asep dan Noni saling……………….
          a. menghina                  b. menyayangi                    c. mengejek
21.       Semua anggota keluarga saling menyayangi. Hidup keluarga menjadi…………..
          a. penuh benci                b. rukun                   c. saling curiga
22.       Orang yang harus dipatuhi di rumah adalah…………………..
          a. Ibu                             b. kepala sekolah      c. teman
23.       Kakak menegur saat aku rebut. Aku sebaiknya……………….
          a. Melawan                     b. makin ribut            c. lebih tenang
24.       Suasana di rumah menjadi rukun jika kita………………
          a. saling menolong            b. berbicara kasar      c. saling iri
25.       Suasana di rumah menjadi tidak rukun jika kita………………..
          a. saling curiga                  b. berbicara lembut    c. saling tolong
26.       Aku membuat adik menangis. Perbuatanku itu membuat suasana menjadi………………
          a. damai                           b. tidak rukun             c. rukun
27.       Aku membantu kakak mencuci piring. Suasana di rumah menjadi……………………
          a. rukun                            b. gelisah                    c. tidak rukun
28.       Keluargaku hidup rukun. Ayah dan ibu saling…………………
          a. menyayangi                   b. memarahi                c. membentak
29.       Ibu hendak pergi ke pasar. Ibu pamit kepada Ayah. Sikap ibu membuat keluarga menjadi……………….
          a. bertengkar                    b. resah                       c. rukun
30.       Keluarga yang rukun akan…………………
          a. bersedih                       b. berduka                    c. berbahagia
31.       Temanku tidak punya pensil. Aku punya banyak pensil. Sikapku sebaiknya………………………
            a. menolak                     b. meminjami             c.  mengolok-olok
32.       Perintah guru harus aku……………………..
   a. patuhi                      b. abaikan                   c. diacuhkan
33.       Aku ingin membaca buku milik temanku. Aku sebaiknya minta ijin  kepada…………………
            a.temanku                   b. ibuku                       c. guruku
34.       Temanku minta maaf. Aku sebaiknya……………………..
            a. memusuhi               b.   memarahi             c. memaafkan
35.       Aku perlu menjenguk teman yang sedang…………………………..
            a. bahagia                   b. sakit                         c. berduka
36.       Ibu guru melarangku mengobrol. Aku harus …………………………….perintah itu
            a. mematuhi               b. mengulangi             c. memaafkan
37.       Temanku terluka karena jatuh. Aku sebaiknya segera………………..
            a. menolong                b. membiarkan           c. menertawai
38.       Lantai kelasku tampak kotor. Aku dan teman teman sebaiknya…………………………….
            a. membersihkan lantai kelas yang kotor
            b. mengotorinya
            c. menuyuruh tukang kebun untuk membersihkan
39.       Temanku sibuk menghapus papan tulis. Aku sebaiknya …………………..temanku
            a. mengajari               b. membantu              c. menyuruh lebih keras
40.       Temanku tidak paham pelajaran. Aku telah paham. Aku sebaiknya………………….temanku
            a. mengajari               b. mengolok-olok        c. membantu mengerjakan
41.       Tata tertib sama artinya dengan …………………….
          a. bebas                            b. peraturan                         c. hukuman
42.       Tata tertib harus……………………
          a. dipatuhi                         b. dibaca                              c. diingat
43.       Tata tertib membuat suasana jadi………………………..
          a. kacau                            b. ramai                                c. teratur
44.       Tata tertib berlaku bagi…………………
          a. Polisi                             b. semua orang                      c. orang kaya
45.       Kelas yang tertib terasa……………………
          a. tenang                           b. ribut                                   c. seram
46.       Keluarga yang tidak tertib merasa……………………..
a. bahagia                         b. damai                                 c. gelisah
47.       Kita belajar dengan tenang di kelas yang……………….
          a. kacau                            b. ramai                                  c. tertib
48.       Tata tertib di sekolah dipatuhi oleh…………………….
          a. murid saja                     b. guru saja                              c. warga sekolah
49.       Tata tertib di tempat umum dipatuhi oleh………………
          a. Polisi                             b. pegawai                              c. semua orang
50.       Tata tertib di rumah dipatuhi oleh………………..
          a. Ayah dan Ibu                 b. anak anak                          c. seluruh keluarga
51. Kelas menjadi………………….karena murid tidak tertib
            a. tenang                     b. ramai                      c. sepi
52.       Aku datang terlambat di kelas. Aku melanggar …………………………….. sekolah.
            a. tata tertib                b. undang-undang                   c. keamanan
53.       Aku mengganggu adik. Aku melanggar tata tertib di ………………………………
            a. rumah                     b. sekolah                    c. jalan
54. Tempat tidurku berantakan. Orang harus merapikannya adalah………………………
            a. saya             b. adik             c. ibu
55. Teman-temanku bertengkar di depanku. Tindakanku adalah…………………………
            a. menonton                b. menyoraki               c. melerai
56.       Adikku bermain bola di dalam rumah. Adikku melanggar tata tertib di …………………
            a. sekolah                    b. jalan                        c. rumah
57.       Aku bercanda saat upacara di sekolah. Aku ……………………tata tertib di sekolah
            a. mematuhi               b. melanggar              c. melihat
58.       Aku harus………………………….saat guru sedang berbicara.
            a. mengacuhkan         b. melihat                    c. memperhatikan
59.       Aku mendapat pekerjaan rumah dari guru. Aku harus mengerjakannya di……………
            a. sekolah                    b. jalan                        c. rumah
60.       Aku sedang mengikuti ulangan di kelas. Aku tidak boleh bertanya kepada….. di kelas
            a. guru             b. ibu               c. teman


No comments:

Post a Comment