Thursday, October 16, 2014

PENGERTIAN KALIMAT UTAMA BESERTA CONTOH SOAL DAN PEMBAHASANNYA

Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang diperjelas oleh kalimat-kalimat lain dalam suatuparagraf. Dengan kata lain, kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama. Kalimat penjelas adalah kalimat yang memperjelas, menguraikan, atau berupa rincian-rincian tentangkalimat utama. Dengan kata lain, kalimat penjelas adalah kalimat yang berisi gagasan penjelas.
Kalimat utama bisa terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, di awal dan akhir paragraf, atau di awal sampai akhir paragraf. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal sampai akhir paragraf sebenarnya tidak mempunyai istilah khusus, namun biasanya kalimat utama akan berada di awal sampai akhir paragraf jika paragraf tersebut berupa narasi atau deskripsi. Paragraf narasi adalah paragraf yang berisi cerita. Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu sehingga pembaca seolah-olah dapat ikut menyaksikan sesuatu yang digambarkan itu.


CONTOH SOAL:

       Bacalah paragraf berikut!
1). Para siswa senang dengan adanya laboratorium bahasa yang baru. 2). Laboratorium bahasa ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti LCD dan AC. 3). Mereka kini mempunyai tempat untuk belajar bahasa dengan lebih menyenangakn. 4). Siswa akan mudah menyerap pelajaran dengan keberadaannya laboratorium bahasa ini.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor.......
a.       1                                 c.   3
b.      2                                 d.   4
Kunci jawaban: A
Pembahasan:
Paragraf tersebut membahas laboratorium bahasa baru di sekolah. Kalimat utama merupakan kalimat yang memuat ide pokok dalam satu paragraf. Ide pokok paragraf tersebut terletak di awal paragraf (deduktif). Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor 1). Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban A.

No comments:

Post a Comment