Wednesday, October 8, 2014

HAL YANG DILAKUKAN SEBELUM, SAAT, dan SEBELUM TERJADI BENCANA

-          Bencana alam merupakan bagian dari gejala alam yang bersifat merugikan atau berdampak negatif bagi kehidupan manusia
-          Bencana alam dapat terjadi murni karena keadaan alam dan dapat pula terjadi karena kesalahan manusia dalam mengelola alam.

A.        Antisipasi Bencana Alam
1.       Gempa bumi
·      Pemerintah: membuat peta rawan bencana gempa bumi, penyuluhan kepada masyarakat, membentuk lembaga penanggulangan bencana lam dan membuat posko serta mempersiapkan relawan.
·      Masyarakat: membuat bangunan sesuai standart, megikuti penyuluhan, mempersiapkan anggota keluarga menghadapi keadaan darurat dan membentuk kelompok siaga di masyarakat.

2.       Tsunami
·      Pemerintah: membangun Taman Edukasi Tsunami di Aceh pada tahun 2008 sebagai sarana pembelajaran, melakukan penyuluhan, membangun tembok penahan tsunami dan membangun tempat evakuasi.
·      Masyarakat: menghafal karakteristik gempa yang potensial menyebabkan tsunami, meningkatkan kewaspadaan di kawasan pantai, mengetahui langkah darurat dan tempat-tempat evakuasi.


3.       Gunung meletus
·      Pemerintah: memantau aktifitas gunung berapi, memetakan kawasan gunung berapi, melakukan sosialisasi, membangun bunker-bunker perlindungan, membangun saluran untuk mengarahkan aliran lahar panas dan membangun barak pengungsian.
·      Masyarakat: mengetahui tempat dan jalur evakuasi, mengenal tanda-tanda gunung meletus dan mematuhi pengumuman dan instansi berwenang.

4.       Tanah longsor
·      Pemerintah: memetakan gunung atau bukit yang rawan longsor, melarang pembangunan di kawasan rentan longsor, membangun beragam prasaraan pengaman (tanggul) dan menggalakkan penghijauan.
·      Masyarakat: melakukan penghijauan, membuat terasiring, menghentikan penebangan liar di kaki bukit dan tidak sembarangan membangun rumah.

5.       Bencana banjir
·      Pemerintah: membuat peta daerah rawan banjir, mengadakan penyuluhan, menggalakkan penghijauan, menyiapkan posko bencana banjir.
·      Masyarakat: membiasakan hidup bersih, tidak membangun di bantaran sungai,meletakkan dokumen penting secara benar.

6.       Bencana angin topan/puting beliung
·      Pemerintah: secara berkala membuat perkiraan cuaca, memantau arah angin dan mengadakan penyuluhan.
·      Masyarakat: membuat bangunan tahan tiupan/pusaran angin, mengurangi bahan-bahan mudah terbang, menggalakkan penghijauan.

7.       Kebakaran hutan
·      Pemerintah: kerja sama dengan PBB dan negara lain untuk mencegah kebakaran, menerapkan sanksi keras bagi illegal logging, melarang membuka hutan sembarangan dan penyuluhan.
·      Masyarakat: tidak membuka hutan sembarangan, membiasakan hidup disiplin (mematikan putung rokok), meningkatkan kesadaran pentingnya kelestarian hutan.

B.        Tindakan Saat terjadi Bencana Alam
1.       Gempa bumi
·      Mematikan api kompor dan alat elektronik yang sedang menyala, keluar dari rumah atau gedung, berlindung di bawah meja atau tempat tidur, menghindari berada di bawah papan reklame, tiang listrik serta benda-benda di jalan raya, bila gempa selesai jangan terburu-buru masuk rumah untuk mengantisipasi adanya gempa susulan.

2.       Tsunami
·      Berlari ke bukit atau ke tempat yang lebih tempat tinggi, pergi menuju ke tempat evakuasi, pergi ke tempat bangunan bertingkat, memakai jas hujan.

3.       Gunung meletus
·      Mengikuti perintah pengungsian dari pihak berwenang, menghindari jalan yang searah dengan angin dan sungai, menutup jendela dan pintu bila terjebak di dalam rumah, lindungi diri dari abu letusan awan panas dengan menggunakan masker.

4.       Tanah longsor
·      Mengungsi ke tempat yang jauh dari lokasi bencana, tetap tenang di lokasi pengungsian sambil pantau berita yang pasti dari pemerintah setempat.

5.       Bencana banjir
·      Mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, mematikan peralatan/sumber listrik, mengamankan dokumen penting.

6.       Bencana angin topan
·      Masukkan barang-barang di luar ke dalam rumah, matikan listrik dan kompor, tenang bebrapa saat di dalam rumah.

7.       Kebakaran hutan
·      Bila melihat api di hutan usahakan untuk dipadamkan, bila api membesar segera beritahu petugas terdekat.
·      Gunakan masker apabila melewati hutan yang terbakar.

C.        Tindakan Setelah terjadi Bencana Alam
·      Tanggapan darurat bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera setelah terjadi bencana. Tujuannya untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan bencana.
·      Pemerintah harus memberi bantuan dengan menyediakan fasilitas, mengaktifkan sarana umum, pendidikan dan pemerintahan.

·      Masyarakat harus segera mengadakan gerakan kebersihan, mendata keluarga dan harta benda, serta menata kehidupan kembali.

No comments:

Post a Comment