Wednesday, October 8, 2014

PLANET-PLANET YANG MENGELILINGI MATAHARI

A.     MERKURIUS
                        


-          Mempunyai lintasan edar yang paling dekat dengan matahari. Pada siang hari suhunya 400oC, sedangkan pada malam hari suhunya 180oC di bawah nol.
-          Ukuran merkurius sedikit lebih besar daripada bulan
-          Merkurius terdakang tampak di kaki langit sebelah barat ketika matahari baru tenggelam atau di sebelah timur ketika matahari akan terbit.
-          Diameter merkurius adalah 4.860 km. Merkurius merupakan planet yang tandus.
-           Merkurius berotasi dengan kala rotasi 59 hari, berevolusi dengan kala revolusi 88 hari.
-          Merkurius berjarak 58 juta km dari matahari. Merkurius sangat dekat dengan matahari dibanding dengan planet-planet lain sehingga banyak mendapatkan cahaya matahari.
-          Kedudukan planet merkurius terhadap bumi dan matahari selalu berubah-ubah menyebabkan bentuk planet tersebut terlihat selalu berubah-ubah.
-          Tekanan atmosfer pda planet merkurius sangat kecil, sehingga menyebabkan tidak adanya kehidupan disana. Atmosfernya tersusun atas gas natrium dan kalium.
-          Merkurius tidak memiliki satelit

B.      VENUS
                     



-          Planet kedua yang dekat dengan matahari.
-          Venus kadang-kadang terlihat disebelah timur sebelum matahari terbit, sehingga dinamakan juga Bintang Fajar atau Bintang Timur. Kadang-kadang terlihat juga di sebelah barat setelah matahari terbenam, sehingga dapat disebut juga Bintang Barat.
-          Venus adalah planet yang paling panas dengan suhunya 465oC. Terjadi karena ada kabut tebal yang menjaga agar sinar matahari yang mencapai Venus tidak terpantul keluar.
-          Venus adalah planet yang paling dekat dengan bumi dengan diameter sekitar 12.200 km.
-          Karak Venus ke matahari sekitar 108,2 juta km. Kala rotasi venus adalah 243 hari, dan kala revolusinya 225 hari.
-          Planet venus berotasi dari timur ke barat sehingga seolah-olah matahari terbit dari barat dan terbenam di timur.
-          Atmosfer venus tersusun atas gas karbondioksida 96%, nitrogen 3%, dan gas lain 1%. Tekanan atmosfernya sangat tinggi, dapat mencapai 90 kali tekanan atmosfer bumi, sehingga menyebabkan tidak adanya kehidupan di venus. Venus tidak memiliki satelit.

C.      BUMI

-          Bumi merupakan planet ketiga yang dekat dengan matahari.
-          Berdiameter sekitar 12.760 km. Jarak bumi ke matahari adalah sekitar 150 juta km.
-          Kala revolusi bumi adalah 365 ¼ hari, kala rotasi bumi adalah 24 jam/1 haru.
-          Atmosfer bumi tersusun dari 78% gas nitrigen, 21% oksigen, dan 1% gas lain (argon, hidrogen, CO2, helium, dll), komposisi inilah yang menyebabkan bumi adalah satu-satunyan planet di tata surya yang dihuni oleh makhluk hidup.
-          Bumi memiliki gaya gravitasi, gaya ini menjaga satu-satunya satelit bumi (bulan) tetap berada pada lintasannya mengedari bumi.

D.     MARS

-          Mars terlihat berwarna kemerah-merahan sehingga sering disebut Planet Merah.
-          Di sekitar ekuator (garis khatulistiwa) Mars terdapat lembah yang sangat besar, yang lebarnya hingga mencapai 500 km.
-          Mars berdiameter 6.794 km. Mars berotasi dengan kala rotasi 24,6 jam dan berevolusi dengan kala revolusi 687 hari. Jadi, 1tahun di mars hampir sama dengan 2tahun di bumi.
-          Mars memiliki 2 satelit yaitu Phobos dan Deimos yang berbentuk agak lonjong.
-          Mars memiliki gaya gravitasi meskipun lebih kecil dari bumi.
-          Mars berjarak sekitar 228 juta km dari matahari.
-          Pada siang hari mars bersuhu 50-60oC. Pada malam hari mencapai 100oC di bawah nol.
-          Atmosfer mars tersusun oleh hampir 95% gas CO2, 5% gas-gas lain (oksigen, nitrogen, dan argon) tekanan atmosfernya sangat rendah yaitu 0,005 kali tekanan atmosfer bumi.

E.      YUPITER

-          yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya, diameternya bisa mencapai 142.000 km. Sekitar 1300 kali ukuran bumi.
-          Jarak Yupiter ke matahari sekitar 778 juta km. Kala revolusinya hampir 12 tahun, dan kala rotasinya 9,8 jam.
-          Yupiter terlihat berwarna merah kecoklatan dan sangat cerah, karena hampur 70% dari cahaya matahari yang diterimanya dipantulkan kembali.
-          Planet ini memiliki 16 satelit, beberapa yang berukuran besar bernama Io, Europa, Ganymedia, dan Callisto. Satelit yang paling besar adalah Ganymedia.
-          Atmosfer Yupiter terdiri dari gas hidrogen dan helium. Gas oksigen dan nitrogen sangat kurang sehingga tidak ada kehidupan disana.

F.       SATURNUS

-          Saturnus berdiameter 120.000 km, jarak saturnus ke matahari sekitar 1.427 juta km.
-          Kala revolusinya sekitar 30 juta. Kala rotasinya 10,6 jam.
-          Arah rotasi saturnus sama dengan arah rotasi venus.
-          Planet ini memiliki cincin yang tersusun atas berjuta-juta pecahan-pecahan batuan yang dilapisi es. Saturnus terlihat berwarna kekuning-kuningan.
-          Saturnus memiliki 18 buah satelit. Titan adalah satelit terbesarnya yang ukurannya hampir setengah ukuran bumi.
-          Atmosfer saturnus terdiri atas gas hidrogen dan helium, selain itu ada sedikit gas metana, uap air, dan gas amoniak, temperaturnya sanagt rendah sehingga tidak mungkin ada kehidupan di planet ini,

G.     URANUS

-          Merupakan planet ke tujuh dalam tata surya. Diameternya 51.000 km
-          Uranus planet pertama yang ditemukan dengan bantuan teleskop oleh William Herschel, pada bulan Maret 1781.
-          Uranus tampak kebiru-biruan. Memiliki temperatur yang sangat rendah yaitu 210oC di bawah nol pada bagian atas atmosfernya terdiri atas gas helium, hidrogen dan metana.
-          Jarak Uranus ke matahari sekitar 2.869 juta km. Kala revolusinya 84 tahun dan kala rotasinya 17 jam.
-          Memiliki kurang lebih 15 satelit. 5 satelit terbesar adalah Miranda, Ariel, Umbriel, Titania dan Oberon. Titania merupakan satelit uranus yang terbesar dengan diameter 1.580 km

H.     NEPTUNUS

-          Diameternya 50.500 km. Susunan atmosfernya hampir sama dengan Uranus. Maka itu, planet ini juga disebut kembaran Uranus.
-          Neptunus ditemukan pada tahun 1846 oleh John Loweh Adam dari Inggris dan Jean Joseph Le Verrier dari perancis atas kerjasama.
-          Planet ini berwarna biru cerah, walaupun agak redup karena jauh dari matahari.
-          Jarak neptunus ke matahari sekitar 4.497 juta km. Kala revolusinya kurang lebih 165 tahun dan kala rotasinya 18 jam.
-          Temperatur neptunus 210oC di bawah nol.
-          Neptunus memiliki 8 buah satelit. 3 terbesar adalah Proteus, Triton dan Nereid.


No comments:

Post a Comment